Tuesday 27 February 2018

7 Tips Ampuh Mengatasi Android Lemot

Mengingat fungsi dari gadget android yang sangat penting dalam membantu banyak aktivitas kita, tentu akan sangat mengganggu jika si robot hijau sering mogok kerja alias memiliki kinerja yang buruk, salah satunya adalah lemot. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mungkin kalian bisa mencoba beberapa metode yang akan kita ulas di artikel 7 Tips Ampuh Mengatasi Android Lemot kali ini.


Dari beberapa platform smartphone yang keluar di pasaran, android memang yang paling banyak diminati dan bisa dibilang yang paling cepat mengalami perkembangan. Jika dibandingkan dengan iPhone, android terbukti jauh lebih awal dalam perkembangannya. Contohnya ketika iPhone masih menggunakan RAM berkapasitas 1GB pada devicenya, android telah memasangkan RAM sebesar 4GB di beberapa merk dan type tertentu.

Namun, sebenarnya seberapapun besarnya RAM di HP android kalian, ada saatnya karena sebab tertentu android kalian mengalami penurunan performa. Penyebabnya bermacam-macam dan bukan hanya ada pada masalah RAM saja. Hampir semua dari kita pasti pernah mengalami kondisi dimana gadget android kita menjadi sangat lemot ketika sedang digunakan. 

Cara Mengatasi Android Lemot
Seperti yang sudah admin tulis diatas, ada bermacam-macam penyebab android menjadi lemot, begitupun dengan cara mengatasinya. Beberapa metode ini mungkin bisa kalian coba untuk membantu mengembalikan performa si robot hijau agar menjadi lancar, seperti saat pertama kalian membelinya.

1. Periksa Kapasitas Memori
Dalam gadget android, kinerja tak hanya dipengaruhi oleh faktor besarnya RAM saja. Setiap merk smartphone android pasti juga dibekali dengan kapasitas memori internal yang berbeda-beda. Memori inilah yang berfungsi sebagai media penyimpanan, baik dalam bentuk data, file dan dll.

Kalian sebaiknya melakukan pemeriksaan secara berkala pada memori android kalian. Terutama sebelum dan sesaat sesudah kalian mendownload sebuah aplikasi atau melakukan aktivitas penyimpanan lainnya. Lebih baik lagi, kalian membeli memori external untuk jadi ruang penyimpanan baru di smartphone kalian. Jangan sampai memori internal ini terlalu banyak menyimpan data, bahkan sampai full.

2. Penggunaan Widget Sederhana
Widget pada smartphone android memang memiliki beberapa fungsi yang cukup memudahkan. Selain sebagai jalan pintas untuk membuka aplikasi-aplikasi penting yang sedang aktif ketika kalian pakai, widget terkadang juga disetting sedemikian rupa guna memperindah tampilan HP android.

Pemasangan widget membutuhkan konsumsi RAM. Nah, dengan demikian agar android tidak lemot, lebih baik kalian kurangi jumlah widget yang ada di homescreen android, atau jika perlu jangan gunakan widget sama sekali.

3. Bersihkan Cache Data
Tumpukan cache yang ada pada gadget android kalian, juga bisa menjadi salah satu penyebab lemotnya perangkat android, lho..

Bagi yang belum tahu, cache sendiri adalah satu istilah yang yang digunakan untuk menyebut sebuah tempat penyimpanan data yang bersifat sementara, atau juga bisa diibaratkan satu jejak yang muncul setelah kalian membuka satu aplikasi. Dengan adanya cache akan lebih mempercepat akses ketika kalian akan membuka kembali aplikasi tersebut.

Cache yang tak pernah dibersihkan akan menumpuk, dan menyebabkan turunnya kinerja android. Berikut ini cara membersihkan cache android!

Cara pertama :

  • Masuklah ke menu setting, lalu pilih opsi "Apps". Setelah itu klik pada menu All.
  • Cari aplikasi yang akan kalian hapus cachenya. Lalu bersihkan dengan cara klik pada tombol "Clear Cache".

Cara kedua :

  • Pertama buka menu Setting atau setelan 
  • Kemudian tap menu "Penyimpanan" atau "Storage".
  • Tap menu "Cached Data" maka akan muncul pop-up konfirmasi untuk menghapus cache dari semua aplikasi.
  • Tekan tombol "OK" .

4. Hapus Cache Partition
Sedikit ada perbedaan dengan cache data. Jika cache data adalah tempat penyimpanan aktivitas data pada aplikasi, sedangkan cache partition adalah yang menyimpan proses pada aplikasi yang berjalan pada background atau latar belakang android.

Aktivitas multi task pada android sangat membutuhkan peran cache partition ini. Namun demikian, hendaknya kalian secara rutin mengecek dan membersihkan hp android kalian dari cache partition ini. Karena jika tidak, sudah bisa dipastikan bahawa android kalian akan lelet, seperti jalannya keong. 

5. Auto Kill
Aktivitas multi tasking memang sangat berguna bagi kita, karena dengan fitur tersebut kita bisa membuka dua aplikasi atau lebih dalam satu waktu tanpa menutup aplikasi yang sudah berjalan. Aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang itu bisa kita lihat biasanya pada menu recent apps. 

Kegiatan ini juga terbukti menyita banyak memori pada RAM. Untuk menghindari sesaknya RAM, kalian harus rutin menghapus aplikasi-aplikasi yang berjalan pada proses multi tasking tersebut, agar android tidak lemot karena sesak oleh aktivitas multi tasking yang kita lakukan.

6. Reset Pabrik
Reset pabrik atau factory reset. Seperti namanya, aktivitas ini juga bisa kalian gunakan untuk mengatasi android yang lemot. Dengan melakukan reset pabrik, gadget android kalian akan bisa kembali seperti pertama kali kalian beli.

Namun, sayangnya cara ini memiliki efek samping yaitu, terhapusnya data-data di android kalian. untuk itu sebelum melakukannya hendaknya kalian melakukan backup pada data-data atau informasi penting yang ada pada smartphone. Berikut langkah mudah cara reset pabrik atau factroy reset..
  • Pertama pilih menu "Setelan"
  • Kemudian tap menu "Buat cadangan & Setel ulang"
  • Lalu tap menu"Kembalikan ke setelan pabrik"


 7. Custom ROM
Jika cara diatas, ternyata belum membuahkan hasil yang baik. Alternatif terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara melakukan custom rom untuk perangkat android. Custom ROM adalah aktivitas dimana kalian bisa merubah ROM bawaan perangkat dengan ROM yang lain. 

Pilih mana yang menurut kalian paling cocok, dan yang terpenting adalah ringan untuk digunakan.  Namun, yang perlu kalian perhatikan adalah. Jangan sampai kalian salah saat melakukan customisasi ROM ini, karena jika hal itu terjadi, tak menutup kemungkinan android kalian justru akan malah rusak.

Nah , itulah 7 tips ampuh mengatasi android lemot, selamat mencoba! Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian.

Artikel Terkait

7 Tips Ampuh Mengatasi Android Lemot
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email