Tuesday 27 February 2018

Cara Membuat Kamera Ponsel Menjadi CCTV

Bukan hal yang aneh lagi, jika android banyak diminati oleh semua kalangan. Selain fitur-fiturnya mendukung aktivitas komunikasi, nyatanya gadget android juga memiliki seribu fungsi lain selain untuk media komunikasi. Salah satunya adalah untuk digunakan sebagai piranti keamanan, yakni CCTV. Penasaran dengan cara membuat kamera ponsel menjadi cctv? Simak artikel kali ini, selengkapnya.

Membuat CCTV dengan Android
Semakin hari semakin banyak orang yang beralih dari platform gadget lama ke gadget berplatform android. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, namun karena memang mereka mulai tahu dan mengenal betapa banyaknya manfaat dan aktivitas yang bisa dipermudah dengan bantuan teknologi yang ada pada gadget android.


Inovasi yang ada pada android memang terus dikembangkan oleh para developernya. Fitur-fitur yang dimilikinya pun semakin banyak dan tepat guna. Dalam hal keamanan, android bisa kita gunakan untuk memantau kondisi tempat-tempat pribadi kita dengan smartphone yang terkoneksi dengan kamera CCTV.

Dengan adanya beberapa fitur dan aplikasi android yang mendukung kegiatan tersebut, saat ini kita tak perlu lagi menggunakan kamera  khusus atau yang sejenis untuk memantau situasi dan kondisi suatu tempat yang kita kehendaki. Hanya cukup dengan menggunakan kamera yang ada pada ponsel android kalian sudah bisa membuat kamera CCTV sendiri.

Untuk tutorial ini kita akan membuat cctv lewat jaringan LAN. Jadi smartphone android harus tersambung dengan modem Wifi yang satu koneksi jaringan LAN dengan perangkat komputer ataupun laptop yang akan kita gunakan untuk memonitor cctv. Dengan kata lain pembuatan cctv ini akan berfungsi jika kalian menggunakan koneksi internet yang berlangganan setiap bulan. Bisa dari Speedy, Myrepublic dan lainnya yang menggunakan modem wifi (bukan mifi). Berikut ini step by step cara membuat kamera ponsel android menjadi cctv.

Sebelum memulai, beberapa hal dibawah ini yang harus kalian siapkan terlebih dahulu.
  • Smartphone android
  • Perangkat komputer atau laptop.
  • Aplikasi IP Webcam untuk ponsel android.
  • Aplikasi VLC media player untuk perangkat komputer/laptop
  • Jaringan internet wifi

Setelah semua perlengkapan sudah dipersiapkan dengan baik, kini saatnya kita praktek. Hal yang harus kalian lakukan adalah menyetting ponsel android yang akan dijadikan CCTV, serta melakukan penyinkronan antara smartphone android yang digunakan sebagai kamera CCTV dengan perangkat laptop/komputer yang akan kita gunakan untuk memonitor tangkapan video dari kamera CCTV android.

Lakukan langkah-langkah yang akan admin ulas dibawah ini dengan lengkap. Tutorial ini sebenarnya cukup mudah dan simpel untuk kita lakukan, namun jika tahapannya salah maka cara membuat kamera ponsel menjadi CCTV ini tidak akan berhasil.

Sebelumnya Pastikan jaringan internet yang kalian gunakan berjalan stabil, minimal kecepatan aksesnya adalah 1mbps, akan lebih baik jika lebih tinggi dari angka tersebut. koneksi internet yang stabil sangat berguna untuk menghasilkan gambar/video yang lancar, dan tidak tersendat-sendat seperti buffering.

Dari bahasan kita sebelumnya, disini saya anggap kalian telah download dan menginstal aplikasi-aplikasi yang nantinya dibutuhkan, seperti IP Webcam untuk hp android dan software VLC media player untuk PC/laptop.

Langkah-langkah :
  1. Jalankan aplikasi IP Webcam yang terpasang di smartphone android kalian. Lalu tarik kebawah, cari menu “Start Server”. Kemudian tap menu “Start Server”.
    aplikasi ip webcam
  2. Setelah itu kamera android akan bekerja dan otomatis akan masuk pada mode video. Sehingga tampak pada layar tampilan video yang diambil dari kamera android. Nah..dibawah layar akan muncul tulisan ip address. Alamat ip tersebut nantinya akan kita gunakan untuk menyambungkan antara smartphone dan perangkat komputer.
  3. Sekarang buka laptop atau PC kalian. jalankan VLC yang tadi sudah kalian download dan instal. Lalu pilih menu “Media”, terus pilih “Buka stream jaringan”.
  4. Kembali ke smartphone kalian, lihat IP Address yang tadi muncul dilayar smartphone. Masukkan IP atau url tersebut pada kolom bertuliskan “please enter a network url” yang muncul saat kalian membuka VLC dan memilih menu Streaming Jaringan. Oh ya..jangan lupa, pada akhir ip tambahkan /video. disini saya akan memasukkan alamat ip sesai yang tertera di layar, yaitu http://192.168.100.4:8080/video.
  5. Jika sudah selesai men-copy url dari IP Webcam ke VLC, kini silahkan kalian klik tombol play. Dan "selamat" sekarang antara kamera smartphone dan perangkat komputer sudah terhubung. dan bisa kita jadikan sebagai CCTV
Merekam tangkapan video kamera smartphone di komputer
Sampai saat ini kalian sudah bisa membuat CCTV dari smartphone android. Nah..untuk merekam hasil tangkapan video yang dihasilkan kamera smartphone tersebut, maka kita perlu merekamnya. Untuk langkah-langkahnya pun sangat mudah.
  • Pertama, pilih menu "Tampilan" pada vlc player, kemudian aktifkan pilihan "Kontrol Lanjutan".
  • Maka akan ada tampilan tombol kotak kecil merah dibawah layar. Nah..untuk merekam video hasil tangkapan kamera kita tinggal klik tombol merah atau tombol rekam tersebut. dan ketika dirasa sudah tidak perlu merekam, kita tinggal klik tombol merah lagi agar proses perekaman berhenti.
  • Video hasil perekaman tersebut akan tersimpan di folder C/users/nama_komputer/videos seperti pada gambar dibawah ini.

Dari cara sederhana diatas kini kalian sudah bisa membuat kamera CCTV dengan android. demikian artikel tentang cara membuat kamera ponsel menjadi CCTV kali ini. Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kawan-kawan pembaca semuanya yang telah mampir di blog ini.

Artikel Terkait

Cara Membuat Kamera Ponsel Menjadi CCTV
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email