Tuesday 6 March 2018

3 Cara Menjadikan Smartphone Android Menjadi Modem


3 Cara Menjadikan Smartphone Android Menjadi Modem – Internet memang sudah menjadi bagian yang cukup penting bagi kehidupan masyarakat sekarang ini. Banyak manfaat terutama dalam hal update informasi terbaru yang sedang banyak diperbincangkan bisa kita dapat dengan mudah dengan internet.

Berbagai macam cara agar perangkat gadget yang kita miliki bisa terhubung dengan internet disediakan oleh banyak penyedia jasa koneksi internet, baik dari operator seluler dengan paket datanya, atau layanan resmi dari Telkom Indonesia yakni speedy indiehome.

Untuk saat ini, media yang cukup banyak digunakan untuk oleh para pengguna internet agar dapat tersambung dengan jaringan internet adalah dengan menggunakan perangkat modem yang diisi paket data. Modem dinilai paling efisien dibandingakan karena fungsinya yang bisa digunakan di sembarang tempat. Namun, harga modem yang mungkin cukup mahal membuat para pengguna internet sedikit kepikiran.

Kemajuan teknologi menjawab semua permasalahan tersebut. dengan adanya smartphone android, kamu tak perlu lagi mengeluarkan isi dompet, karena HP android yang kamu miliki sekarang bisa digunakan untuk menjadi modem yang bisa dihubungkan ke perangkat laptop atau PC untuk mengakses internet. Kamu belum tahu caranya? Simak tutorial berikut ini!

Cara Membuat HP Android Menjadi Modem Untuk Laptop/PC
Di artikel kali ini kita akan coba share untuk kamu tentang 3 cara menjadikan smartphone android menjadi modem. Silahkan kamu pilih cara mana yang cocok dan paling mudah untuk kamu lakukan.

1. Membuat Android Menjadi Modem dengan USB Tethering
Cara pertama ini membutuhkan kabel data atau kabel USB untuk menyambungkan perangkat HP android ke PC atau laptop. USB tethering atau yang dalam bahasa kita sering diartikan dengan penambatan USB ini tak perlu membutuhkan cara yang rumit. Cukup dengan mengaktifkan fitur USB tethering saja yang biasanya bisa diakses melalui menu setting. Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki perangkat komputer/PC yang kebanyakan tidak support jaringan WIFI. untuk cara lengkapnya adalah sebagai berikut :

Langkah pertama, sambungkan HP android kamu ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel data yang sudah disiapkan, lalu pada HP android masuk ke menu "Setting" atau "Setelan" lalu tap menu "More" atau "Lainnya". Perhatikan gambar dibawah ini.
langkah pertama menjadikan modem via tehering usb

Kemudian tap menu "Tethering" atau "Menambatkan" seperti pada gambar dibawah.
langkah kedua tethering usb hp android

Kemudian aktifkan menu "USB Tethering" atau "Penambatan USB" dengan cara menyapu tombolnya kesamping.
langkah ketiga tethering usb smartphone android
Hanya dengan langkah sederhana seperti diatas, kamu sudah bisa menjadikan HP android menjadi modem di perangkat komputer maupun laptop. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah umumnya teknik ini tidak support atau membutuhkan metode khusus untuk komputer dengan OS windows XP. Sebaliknya, cara ini akan langsung berjalan lancar di perangkat komputer dengan sistem operasi windows 7.

2. Metode Bluetooth Tethering
Untuk cara kedua ini, caranya mirip dengan teknik penambatan USB yang tadi telah kita bahas. Bedanya, jika sebelumnya membutuhkan perangkat berupa kabel data, untuk kali ini tak perlu ada kabel-kabelan. Karena hanya menggunakan fitur bluetooth yang ada di smartphone android saja untuk menyambungkannya ke PC/Laptop. Cara settingnya juga sama, bedanya adalah pada bagian akhir di menu tethering, jika cara sebelumnya kamu harus mengaktifkan opsi USB tethering, sedangkan cara satu ini yang harus diaktifkan adalah opsi Bluetooth tetheringnya.

Cara kedua ini biasanya digunakan untuk pernagkat laptop, karena kebanyakan laptop sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth. Sedangkan untuk perangkat PC juga bisa asalkan kalian telah memasangkan perangkat tambahan berupa antena bluetooth eksternal pada perangkat komputer. Jika belum, ya tidak bisa.

3. Dengan Hotspot Portable
Cara terakhir ini biasanya yang paling sering digunakan. Karena dianggap yang paling mudah. Untuk menggunakan metode ini perangkat laptop atau PC kalian haruslah support wifi. Untuk cara pengaturannya sama saja seperti diatas, hanya saja pada opsi tethering aktifkan fitur "Hotspot wi-fi portable" seperti pada gambar dibawah ini.
langkah pertama wifi portable hotspot android
Agar internet hotspot kamu tidak dipakai sembarang orang, jadi kita harus mengatur nama wifi hotspot dan juga passwordnya. untuk caranyapun sangat mudah. setelah wifi portable diaktifkan, lalu tap pada menu "Pengaturan wi-fi Hotspot" dan tap pada menu "Siapkan Hotspot wi-fi".
langkah kedua wifi hotspot portable
Lalu aturlah nama hotspot wi-fi dan juga passwordnya yang nantinya digunakan untuk login. perhatikan gambar dibawah yang diberi kotak merah. setelah dirasa semuanya cukup maka klik menu "Simpan" untuk menyimpan pengaturan yang telah kita setting. dan HP nadroid kamu sekarang sudah bisa dijadikan hotspot wifi.
langkah ketiga wifi hotspot portable

Nah, itulah tadi 3 cara membuat hp android menjadi modem untuk pc atau laptop, kamu bisa mencobanya satu persatu atau memilih cara mana yang menurut kamu plaing mudah untuk digunakan. Jika kamu para sobat pembaca yang mampir di blog ini dan membaca artikel terbaru dari kami kali ini memiliki cara atau teknik lain yang bisa digunakan dan dirasa lebih efisien, silahkan tuliskan cara tersebut di kolom komentar ya.. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berinternet ria.

Artikel Terkait

3 Cara Menjadikan Smartphone Android Menjadi Modem
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email