Wednesday 7 March 2018

Cara Meroot Smartphone Android dengan PC

Cara Meroot Smartphone Android dengan PC Paling Mudah – Sejak kemunculan ponsel pintar di kalangan masyarakat, android menjadi pilihan yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Hal ini bukanlah tanpa alasan, melainkan kemudahan-kemudahan yang tak ada pada system operasi lain bisa kita dapatkan dengan menggunakan OS android.
OS android adalah satu-satunya sistem operasi yang open source, terbukti dengan banyaknya aplikasi yang tersedia gratis dan bisa kita gunakan tanpa harus ribet serta mengeluarkan banyak uang untuk mendownload dan menginstalnya di perangkat android.

Namun, agar lebih bebas lagi dalam mengakses berbagai macam fungsi android, para pengguna robot hijau ini harus melakukan proses rooting terlebih dahulu pada perangkat smartphone mereka. Root pada gadget android memiliki banyak fungsi atau manfaat, diantaranya adalah pengguna bisa bebas memodifikasi perangkat android, menggunkan aplikasi-aplikasi tertentu yang hanya berjalan pada perangkat yang sudah di root, dan lain sebagainya.

Meskipun proses root yang dilakukan ini berdampak pada hilangnya fasilitas garansi yang diberikan oleh vendor, namun kenyataannya masih sangat banyak bahkan hampir semua pengguna android tetap melakukan proses rooting pada gadget mereka. Berikut ini adalah Cara meroot smartphone android dengan PC paling mudah.

Root Android dengan PC
Proses rooting android sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda, pertama adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang banyak beterbaran di Internet. Kedua dengan bantuan perangkat lain, yaitu dengan PC atau laptop seperti yang akan kita bahas kali ini dalam melakukan proses rooting .

Proses rooting android tanpa PC akan kita bahas di artikel selanjutnya. Sedangkan kali ini, kita akan coba mengulas teknik rooting dengan PC. Menurut admin, cara ini yang paling mudah dilakukan dan sudah dapat dipastikan kesuksesan dalam melakukan proses rooting.

Tapi, sebelum melakukan teknik rooting android via PC ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. daintaranya adalah:

  1. Kabel USB atau kabel data yang nantinya digunakan untuk menyambungkan perangkat android dengan PC/laptop yang kita gunakan untuk malakukan proses rooting.
  2. Aplikasi driver USB. Aplikasi ini diperlukan, karena setelah android dan PC dihubungkan melalui kabel data/USB, kedua perangkat tidak langsung dapat terkoneksi dan tidfak bisa melakukan komunikasi data dari kedua perangkat tersebut tanpa terlebih dahulu menginstal USB driver di komputer. Driver USB berbeda untuk setiap perangkat android, namun jangan khawatir sebab di internet sudah banyak tersedia dan bisa kamu download secara gratis.


Nah, kalau 2 poin diatas sudah kamu siapkan dengan baik, kini saatnya kita mulai langkah-langkah dari tutorial root android melalui PC kali ini.

Cara Root Android Via PC dengan Kingo Root
Aplikasi Kingo root ini bisa dibilang yang paling mudah untuk kita gunakan membuka kunci developer android melalui proses rooting. 
Root android dengan Kingo root ini sudah terbukti berhasil, admin sendiri sudah beberapa kali melakukan rooting android menggunakan aplikasi satu ini. Oke, berikut ini langsung saja kita ulas cara lengkapnya.
  1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Kingo root dan menginstalnya pada perangkat komputer. Aplikasi tersebut bisa kamu download melalui website resminya, yaitu di www.kingoapp.com.
  2. Jika aplikasi Kingo root sudah diinstal di perangkat PC, silahkan kamu buka aplikasi tersebut. Lalu koneksikan perangkat android dengan komputer. Nah, disinilah kabel data serta USB driver yang tadi termasuk dalam bahan-bahan yang telah disebutkan diatas kita butuhkan. Kalau driver USB tidak terlebih dahulu di instal di dalam PC, maka smartphone android yang terhubung melalui kabel data hanya bisa di melakukan mode pengisian baterai saja.
  3. Tunggu beberapa saat setelah HP disambungkan dengan PC hingga aplikasi Kingo root berhasil mengenali informasi dari perangkat android. Jika kingo root sudah mengenali perangkat android, maka secara otomatis akan muncul tombol Root pada tampilan antar muka aplikasi Kingo root tersebut. Klik tombol root untuk memulai proses rooting.
  4. Proses rooting yang berjalan umumnya membutuhkan waktu beberapa menit sampai muncul pemberitahuan bahwa proses root telah sukses dan  berhasil dilakukan. Maka secara otomatis perangkat android akan reboot dengan sendirnya.

Seperti yang sudah kita singgung diatas, proses rooting ini dilakukan biasanya untuk bisa mendapatkan akses tanpa batas untuk sebuah perangkat android. Seperti layaknya developer android itu sendiri, setelah android di root, kamu bisa menginstal atau menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu yang tidak bisa digunakan di perangkat android yang belum di root. Bahkan selain itu, kamu juga bisa merubah atau memodifikasi ROM pada sistem perangkat android.

Demikian artikel tentang bagaimana cara meroot smartphone android dengan PC kali ini. Semoga informasi yang disampaiikan bisa bermanfaat untuk sobat pembaca semuanya.

Artikel Terkait

Cara Meroot Smartphone Android dengan PC
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email