Sunday 4 March 2018

Ampuh! 4 Langkah Mempercepat Kinerja Android

Ampuh! 4 Langkah Mempercepat Kinerja Android – Dilihat dari sisi kinerjanya, android bisa disamakan dengan otak dan tubuh manusia. Saat usia masih muda, tentu kita akan lebih kuat melakukan perkerjaan apapun, dan menyelesaikannya dengan cukup cepat. Namun, seiring bertambahnya usia serta kesehatan tubuh yang tak terjaga dengan baik tentu faktor kesehatan tubuh akan semakin berkurang dan pekerjaan pun menjadi terhambat.


Begitupun dengan perangkat android, saat pertama kali kita membeli HP android baru tentu kita akan merasakan kinerja dari perangkat gadget yang optimal sesuai dengan spesifikasi hardware yang disematkan dalam perangkat tersebut. tapi, lama kelamaan karena sistem kerja pada perangkat android tidak dijaga dengan cukup baik membuat kecepatan akses android kepada satu aplikasi atau untuk aktivitas lainnya menjadi menurun, atau sering juga kita sebut lemot.

Salah satu contoh perawatan yang kurang baik untuk android adalah dengan:
•Menginstal banyak aplikasi pada satu perangkat.
•Android tidak pernah dibersihkan dari file sampah sehingga menumpuk.
•Terlalu sering kehabisan baterai, dll.

Tapi jangan khawatir, jika android kalian lemot atau mengalami penurunan performa coba beberapa cara mudah yang akan admin sampaikan di artikel kali ini. Sedikitnya ada 4 langkah mempercepat kinerja android yang bisa kalian coba, selengkapnya silahkan simak ulasan di bawah ini yaa..

1. Bersihkan Cache atau File Sampah di Android
Aplikasi android yang kalian jalankan di perangkat tanpa kita sadari selalu meninggalkan file cache di sistem memory atau yang biasa kita sebut dengan istilah RAM (Random Access Memory). Jadi selain RAM berkurang untuk menjalankan aplikasi itu sendri, setelah aplikasi ditutup masih ada cache yang terus menempel pada memory android, inilah yang membuat beban kerja RAM menjadi lebih berat hingga akhirnya kecepatannya untuk mengakses perintah menjadi lebih lambat/lemot.

Untuk mengatasinya kalian perlu melakukan perawatan pada android dengan rutin membersihkan RAM dari file cache yang menempel. Caranya cukup mudah, kalian buka saja menu Setting >> Apps, lalu pilih aplikasi mana yang akan kalian bersihkan. Setelah itu pilih pada opsi Clear Cache.

Ada cara yang lebih mudah lagi, hanya membutuhkan satu klik saja untuk melakukannya, hanya cukup menginstal aplikasi pihak ketiga pembersih RAM yang banyak tersedia secara gratis di PlayStore. Salah satunya adalah aplikasi App Cache Cleaner.

2. Hapus Widget yang Tidak Diperlukan
Menata widget pada smartphone android kesayangan kita memang akan membuat tampilan perangkat menjadi lebih enak dipandang dan terlihat menarik. Tapi kamu juga harus tahu, pemberian widget yang berlebihan pada perangkat android juga akan menjadi beban untuk kerja sistem memory atau RAM android. Apalagi seperti fitur widget slideshow yang sekarang ini banyak tersedia di perangkat-perangkat android keluaran terbaru. 
gambar contoh tampilan widget
Contoh Tampilan Widget
Untuk itu, pilihlah salah satu untuk apa android kalian gunakan. Jika fungsinya untuk memudah pekerjaan dan melakukan aktivitas penting lainnya maka widget yang berlebihan sangat tidak bagus. Tapi kalau HP android yang kamu miliki hanya berfungsi sebagai koleksi dan buat bagus-bagusan saja, ya tidak masalah kalian merombak tampilan hp android se unik mungkin.

3. Hapus Aplikasi yang Minim Fungsi
Aplikasi yang tidak terlalu bermanfaat atau jarang digunakan lebih baik di uninstall saja dari perngkat android milik kamu. Meskipun sebenarnya aplikasi adalah sebuah sarana agar smartphne dapat digunakan dengan optimal, namun jika fungsi dari smartphone android itu sendiri tidak terlalu kamu butuhkan untuk apa lama disimpan kan?

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem android tanpa kita sadari akan membuat gadget kalian semakin lama menjadi semakin berat digunakan. Maka dari itu, coba sekarang kamu pilih-pilih lagi mana aplikasi yang menurutmu penting dan harus tetap terpasang di android dan mana yang fungsinya tidak terlalu penting atau bahkan tak pernah kalian pakai.

4. Pastikan Android Bersih dari Segala Macam Gangguan Adware, Malware, dan Bloatware
Adware bisa kita artikan sebuah program yang mana akan menampilkan iklan-iklan di perangkat gadget yang terjangkit. Malware sendiri lebih berbahaya dari adware, karena virus ini sifatnya seperti penyusup yang bisa digunakan untuk merusak atau mengambil data tertentu. Sedangkan bloatware adalah sebuah program yang biasanya sudah dibundling atau menjadi bawaan suatu perangkat smartphone. Di beberapa vendor gadget tertentu sangat sering menyisipkan beberapa aplikasi-aplikasi ke dalam produk smartphone mereka. Itulah yang biasanya disebut dengan bloadware.

Program-program tadi nyatanya terbukti dapat memakan banyak RAM hingga membuat kinerja dari android semakin melemah. Langkah mempercepat kinerja android jika perangkat terkena program-program berikut adalah perlu menginstal anti virus layaknya seperti yang ada di PC. Aplikasi-aplikasi anti virus ini dapat dengan mudah kita jumpai dan kita dapatkan di layanan penyedia aplikasi Playstore.

Artikel Terkait

Ampuh! 4 Langkah Mempercepat Kinerja Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email