Thursday 8 March 2018

Tutorial Lengkap Root Android Tanpa Pc 100% Work

Tutorial Lengkap Root Android Tanpa Pc 100% Work – Mengingat fungsinya yang begitu penting bagi kelancaran aktivitas para pengguna terutama pada bidang komunikasi, membuat para vendor pun semakin ketat dalam melengkapi fitur keamanan device pabrikan mereka. Tingkat keamanan ini memungkinkan suatu pembatasan akses pengguna untuk data-data penting terkait dengan sistem.


Namun, kebanyakan para pengguna tersebut justru berusaha membuka fitur keamanan tersebut dengan melakukan proses rooting. Proses rooting android ini berfungsi untuk dapat mengakses data-data yang dikunci, hingga para pemilik gadget yang semula hanya berstatus user pun bisa melakukan aktivitas-aktivitas lain terikait dengan sistem pada perangkat layaknya seorang developer perangkat itu sendiri.

Sebelum kita mengulas tentang teknik dan cara root smartphone android, alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita mengenal tentang kelebihan serta kelemahan yang terjadi ketika perangkat telah di root.

Kelemahan dan Kekurangan Root Pada Perangkat Android

Kelebihan Android yang di Root :

1. Membuang aplikasi bloatware
Aplikasi bloatware adalah aplikasi yang mana telah terpasang pada perangkat android dari sejak berada di pabrikan. Aplikasi ini diinstal pada perangkat biasanya karena ada kerjasama dari developer aplikasi dengan vendor perangkat android tersebut. Aplikasi bawaan android ini biasanya tidak bisa dihapus untuk perangkat android yang belum di root.

2. Membercepat Kinerja Android
Proses rooting juga bisa membantu meningkatkan kinerja smartphone, hingga yang semula lemot menjadi lebih cepat dalam mengakses perintah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Grenify, aplikasi ini hanya dapat berjalan pada smartphone yang sudah di root.

Selain itu, perangkat root yang dapat menghapus aplikasi bloatware secara otomatis juga akan membuat memori internal serta RAM pada android menjadi lebih lega, efeknya kecepatan perangkat untuk mengakses aplikasi pun menjadi meningkat.

3. Modifikasi ROM
Bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, dengan melakukan custom rom perangkat android kalian akan menjadi bervariasi. Kalian bisa menggunakan ROM android lain yang cocok dengan perangkat android kita untuk membuat suasana baru, tanpa harus ganti HP. Aktifitas custom rom ini hanya bisa kita lakukan pada perangkat android yang telah di root.

Kelemahan Perangkat Android yang di Root :

1. Garansi Hangus
Kebanyakan vendor perangkat android menganggap aktivitas rooting ini adalah salah satu aktivitas yang ilegal. Maka mereka membuat ketentuan, jika perangkat android di root maka fasilitas garansi yang diberikan untuk pengguna hangus, atau tidak bisa digunakan lagi.

Tapi jangan khawatir semuanya bisa diatasi. Ada tutorial root android, tentu juga ada tutorial unroot atau mengembalikan perangkat android yang telah di root seperti semula.

2. Sistem Rusak
Proses rooting ini adalah salah satu proses yang sangat rawan. Maka dari itu, hendaknya root android dilakukan oleh orang yang memang benar-benar sudah berpengalaman. Karena jika salah langkah, besar kemungkinannya android akan mengalami kerusakan sistem seperti bootlop, Error, Softbrick hingga hardbrick.

3. Keamanan Menurun
Karena intinya, proses rooting adalah membobol fitur keamanan, maka setelah hp diroot tingkat keamanan sistemnya akan menurun. Perangkat seperti ini rawan terkena serangan virus seperti malware, adware, dan lain sebagainya.

Cara Rooting Android tanpa PC
Setelah kamu membaca dan benar-benar paham akan resiko dari proses root android yang dilakukan pada perangkat android yang kamu miliki, pikirkan baik-baik apakah kamu masih tetap akan meroot gadget android kesayangan? Jika iya, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu ikuti dalam artikel Tutorial Lengkap Root Android Tanpa PC.

1. Root Android dengan Framaroot
  1. Langkah pertama silahkan download aplikasi framaroot dari situs aslinya, www.framaroot.net. Setelah itu instal di perangkat android.
  2. Jalankan aplikasinya. Pertama kali setelah membuka akses aplikasi, kalian harus memasang SuperSu di perangkat melalui aplikasi tadi.
  3. Setelah SuperSu berhasil terintall, pilih pada opsi Gandalf dan tunggu proses root berjalan hingga selesai.
  4. Sesaat setelah muncul notifikasi sukses silahkan restart/reboot perangkat android kalian.

2. Dengan Aplikasi Root Master
Sama seperti sebelumnya download dan pasang aplikasi Root Master di hp android kalian. Aplikasinya bisa kalian download melalui playstore atau dengan mengakses langsung di situs resminya www.rootmaster.co.
  1. Buka aplikasi root masternya, akan muncul lingkaran ditengah bertuliskan kata ROOT. Klik pada lingkaran tersebut.
  2. Jika muncul perintah untuk menginstall aplikasi lain, klik saja pada opsi batal.
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses berjalan sempurna.
  4. Selesai. Reboot perangkat.

Nah, sangat mudah bukan Tutorial Lengkap Root Android Tanpa Pc 100% Work kali ini. Silahkan kamu coba pada perangka masing-masing. Selamat bersenang-senang dan kembangkan kreatifitasmu dengan memodifikasi perangkat android sesuai dengan selera. Namun, tetap perhatikan faktor keamanan dan ketelitian, jangan sampai android kamu justru malah rusak.

Artikel Terkait

Tutorial Lengkap Root Android Tanpa Pc 100% Work
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email